Thursday, November 10, 2016

Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Mengetahui Harga HDD External 500GB Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Dalam mengantarkan pembelajaran TIK atau Teknologi Informasi Komputer atau hal lain yang berhubungan dengan komputer, laptop, netbook, dan lain-lain, ada banyak sekali hal yang bisa kita sampaikan kepada anak. Salah satunya adalah pengenalan komputer secara menyeluruh dari proses perakitan sampai pengoperasian. Memang rumit banget tapi demikianlah kita memang harus mengajarkan dari dasar. Pengetahuan komponen dan harga juga penting untuk kita sampaikan dengan jelas. Mengetahui harga komponen dasar serta komponen external seperti harga HDD External 500GB itu sangat penting. Kita bisa mengajak anak didik untuk membandingkan tiap harga yang muncul termasuk harga HDD External 500GB ini.
Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Mengetahui Harga HDD External 500GB Terlebih Dahulu Sebelum Membeli
Memori laptop atau jenis lainnya seperti netbook, ultrabook memiliki keterbatas dalam menyimpan data dan tentu saja membutuhkan perangkat lain untuk menyimpannya. Nah, hardisk external inilah jawabannya. Ingat yah, kita membeli hardisk eksternal karena dirasa space hardisk internal kita atau anak didik tidak cukup. Artinya jika dirasa masih cukup, gunakan saja dulu hardisk internal yang ada.
Dalam proses membeli atau merencanakan untuk membeli, kita harus tahu dulu beberapa istilah yang penting untuk membedakan setiap hardisk external. Misalnya RPM, RPM merupakan satuan menghitung kecepatan dari sebuah hardisk  dalam memproses data. RPM biasa disebut juga dengan Rotary Per Minute atau Kecepatan Putar Motor memutar piringan hdd dalam 1 menit, semakin besar RPM semakin cepat data akan dihantar atau diproses.
Semisalnya suatu saat kita akan membeli hard disk baru untuk eksternal Drive ataupun juga ekstensi Hard Drive pada PC. Perbedaan kecepatan putaran hdd sangat mempengaruhi hasil yang didapat. HDD memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Angka yang paling populer adalah 5400 RPM  dan 7200 RPM. Nah, kita bisa memilih yang memiliki RPM besar atau kecil. Jika dibandingkan 2 Hard Disk, 5400 RPM dengan 7200RPM, Hard Disk 7200RPM lebih cepat mengakses banyak data berbanding dengan Hard Disk 5400RPM. Ini berarti kita tinggal pilih Hard Disk dengan kecepatan mengakses data yang lebih cepat yaitu 7200RPM.
Pertanyaannya kemudain mengapa RPM berpengaruh terhadap kecepatan pemrosesan data pada Hardisk? Hal ini disebabkan  data pada HDD tersimpan di platter, yang kemudian dicari dengan memanfaatkan kecepatan putaran platter, jadi makin gede RPM data makin cepat pemrosesan sebuah data.
Dari data di atas muncul kata plater, plater merupakan komponen utama Harddisk yang digunakan sebagai tempat menyimpan Data. platter akan dilengkapi dengan track dan sector, ini menyebabkan mengapa sebuah Harddisk kapsitasnya tidak sesuai dengan yang tertera pada  spesifikasinya ( pasti akan lebih sedikit ), karena trac dan sector akan menyimpan ID pengenal untuk Format Harddisk.
Hal penting lainnya yang perlu kita perhatian adalah kapasitas.  Dalam hal ini kapasitas simpan file maksimal. Kapasitas simpan harddisk portabel bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 500GB. Namun kini juga sudah muncul harddisk portabel yang daya tampungnya mencapai 1,5TB (terabyte). Jika kita banyak bekerja dengan file video dan grafis, pilihlah Harddisk eksternal dengan kapasitas terbesar yang bisa kita beli.
Beli di MatahariMall.com saja 

Setelah kita mengetahui hal-hal mendasar di atas, maka kita bisa menentukan berbagai pilihan untuk hard disk yang kan kita gunakan. Sebagai guru misalnya, adanya hard disk ini sangat memungkinkan anda menyimpang banyak data-data pelajaran yang sudah diubah bentuk menjadi file. Demikian juga dengan dokumentasi kegiatan selama di kelas atau di luar kelas bisa kita simpan ke dalam hard disk external yang sudah kita beli. File-file pekerjaan soal siswa bisa kita simpan dengan aman tanpa takut data hilang. Asalkan kita bisa menyimpannya dengan baik maka sampai kapanpun bisa kita gunakan untuk direvisi setiap waktu.
Oh iya, selain ditujukan sebagai suplemen harddisk di komputer desktop, kebanyakan hardisk portabel kini justru membidik pasar pengguna notebook dan netbook (mini notebook). Apalagi sekarang siswa sudah bisa mengakses laptop, netbook, atau ultrabook sendiri. Tinggal kita arahkan agar penyimpanan memorinya baik maka kita bisa menjamin keberadaan file-file pekerjaan anak tersimpan rapi dalam hard disk external kita. Ingat, sebagai guru atau fasilitator pembelajaran kita tetap harus tahu harga HDD External 500GB jika kemudian memilih menggunakan Hard Disk External yang 500GB. Mengetahui harga terlebih dahulu menghindari kita dari kesalahan saat menentukan pilihan.


7 comments: