Thursday, December 10, 2015

Ajari Anak Calistung Sejak Dini Merusak Tatanan Otak

Sungguh judul yang sangat provokatif karena mengajak orangtua agar tak mengajarkan anak calistung sejak dini. Calistung adalah baca tulis dan hitung. Anak-anak sebaiknya tidak diajarkan calistung karena akan merusak tatanan otak mereka. Calistung sejak dini seolah membukakan tabir yang seharusnya tidak terbuka pada jenjang usia tertentu. Akibatnya anak bisa kelelahan karena menyantap sesuatu yang belum seharusnya.

Ketika banyak sekolah yang melakukan seleksi untuk calon anak didiknya banyak orangtua yang kelimpungan. Seleksi seperti calistung sebelum anak masuk sekolah dasar sangat tidak mendasar. Kalau sekedar ingin mudah buat SD, ya gak bagus juga. Guru kan mendidik dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Artinya harus siap dengan segala konsekuensi jika anak belum bisa calistung harus diajari dengan baik.

Mendidik adalah proses panjang yang membutuhkan waktu lama. Hasil pendidikan tidak instan. Hari itu diajarkan besok sudah jadi. Pendidikan yang baik melihat dalam rentang waktu yang panjang. Bukan saat ini tetapi masa yang akan datang. Jika anak belum bisa calistung, ya ajari dengan baik. 

Kembali ke rusak tatanan otak dalam kepala karena proses membaca dan menghitung itu butuh proses tahapan yang baik. Mempersiapkan pondasi yang baik agar anak siap mencerna semua kata-kata dengan maknanya. Bukan sekadar mengetahui kata-kata tetapi tidak tahu makna dan artinya. Lebih dari itu mengerti dan paham makna dari kata yang sudah diketahuinya. 

Tatanan yang rusak dalam otak anak ini sangat berbahaya untuk perkembangan dirinya. Anak lebih cepat tumbuh dari usia seharusnya. Kalau ada yang mengatakan anak-anak sekarang lebih cepat dewasa, bisa jadi ada benarnya. Anak mendahului kematangan usianya. Otaknya dipaksa berpikir acak karena melebihi kapasitas yang sebenarnya belum sanggup ia tampung. 

Jadi, kalau sampai hari ini anak anda belum bisa calistung, santai saja. Di saat yang tepat mereka akan bisa melewati fasenya dengan baik. Anak yang tadinya tak bisa calistung di usia menjelang masuk SD, akan lancar calistung justru setelah masuk SD. Pastikan memilih SD dengan guru-guru yang sabar dan penuh perhatian serta cinta anak. Dengan kesabaran, perhatian, dan cinta yang ditumbuhkan oleh gurunya, anak anda akan berkembang sesuai dengan jenjang usianya.

Calistung Sejak Dini Rusak Tatanan Otak Anak

2 comments:

  1. anak saya belum bisa baca, tapi pintar dalam penjumlahan,
    repotnya sekarang kebanyaka sekolah sd yang dikatakan bagus haya mau menerima anak yang sudah bisa membaca.
    baru kemarin saya mengajari dia membaca dengan semangat membara
    http://bondanfamily.blogspot.co.id/2015/12/belajar-membaca.html

    ReplyDelete