Sunday, December 6, 2015

8 Macam Kecerdasan Manusia Ini Penting Diketahui Pendidik Agar Anak Belajar Efektif

Teori 8 Macam Kecerdasan Manusia ini sudah sangat populer dikalangan motivator, psikolog, dan pengajar di manapun berada. Teori kecerdasan ini mematahkan anggapan bahwa semua anak belajar sama dalam satu kelas. Pada kenyataannya anak belajar dengan cara yang berbeda-beda. Guru tidak bisa menyamakan setiap anak saat menyerap pelajaran. Guru juga tak bisa menetapkan standar yang sama dalam setiap target materinya terutama pada hasil yang akan diterima anak. Membuat standar yang sama pada sesuatu yang berbeda sama saja dengan membuat ketidakadilan pada diri anak.

Pernah lihat sebuah kartun yang sangat menggeletik ketika semua hewan diajari untuk memanjat pohon sementara hewan yang diajarinya berbeda-beda kemampuannya, menjadikan seekor gajah, ikan, jerapah, untuk menyamai kemampuan seekor kera jelaslah tak akan bisa. Demikian juga dalam mendidik anak.

8 Macam Kecerdasan Manusia Yang Penting Diketahui Pendidik Agar Anak Belajar Efektif
8 Macam Kecerdasan Manusia Yang Penting Diketahui (bukukelas)
Teori 8 macam kecerdasan manusia pertamakali dikembangkan oleh Prof. Howard Gardner. Yah Prof Howard Gardner ini seorang ahli riset mengembangkan satu model kecerdasan. Maksudnya setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda beda tinggal bagaimana kita mengembangkannya untuk menjadi potensi maksimal. 

Berikut ini 8 macam kecerdasan tersebut adalah:

1. Kecerdasan Linguistik 
Suatu kecerdasan senang bermain dengan kata-kata, menikmati puisi, suka mendengarkan cerita, senang membaca, merasa percaya diri mengekspresikan diri baik secara lisan maupun tulisan, suka menambahi percakapan dengan hal hal menarik yg baru saja didengar atau dibaca, suka mengerjakan teka teki silang, bermain scrabble atau bermain puzzle. 

2. Kecerdasan Matematika 
Suatu kecerdasan senang bekerja dengan angka, tertarik dengan kemajuan tehnologi, mudah melakukan perencanaan keuangan, senang menyiapkan jadwal kegiatan yg terperinci, memberikan penomoran pada daftar kerja, senang bermain puzzle atau catur. 

3. Kecerdasan Visual dan Spasial 
Suatu kecerdasan dimana menyukai seni, lukisan, patung, memiliki cita rasa yg bagus dalam hal pewarnaan, dapat menggambar.

4. Kecerdasan Musik 
Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi, timbre seperti memainkan alat music, dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada, dapat mengingat suatu irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja, mengikuti irama music dengan baik tanpa sadar mengetuk-ngetukan jari mengikuti irama tersebut.

5. Kecerdasan Interpersonal 
Yaitu kemampuan untuk mengamati dan memotivasi perasaan orang lain seperti senang bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite, lebih suka belajar kelompok daripada belajar sendiri, orang sering datang ke kita untuk minta nasehat, seseorang yg penuh dengan simpati, lebih suka dengan team sport seperti basket, softball, sepak bola daripada individual seperti renang atau lari. 

6. Kecerdasan Intrapersonal 
Kemampuan memahami kekuatan & kelemahan diri sendiri, mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri, sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalahnya sendiri, seorang pemikir independen (mandiri), memiliki buku harian untuk mencatat pikiran yang sangat dalam dan pribadi, mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi. 

7. Kecerdasan Kinestetik 
Yaitu kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara trampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan, gemar melakukan olah raga atau kegiatan fisik, cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri, aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan dan berlari, senang dengan permainan yang menantang. 

8. Kecerdasan Naturalis 
Yaitu kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Senang memelihara hewan, dapat mengenali dan membedakan berbagai jenis pohon, bunga, tanaman, memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana tubuh bekerja, bisa membaca cuaca, dapat membayangkan sebagai petani, suka memancing. 

Itulah 8 macam kecerdasan manusia yang penting untuk diketahui semua pendidik. Nah, sekarang kita sudah mengerti tentang delapan kecerdasan dalam otak manusia, kecerdasan apa saja yang dimiliki oleh anda/anak/cucu anda?

Semoga dengan memahami kecerdasan yang kita miliki, bisa menggali lebih banyak potensi diri untuk bisa menuju pribadi yang lebih baik serta berbenah diri mengatasi kekurangan dan meningkatkan kemampuan.


2 comments: